Ungguli Hamilton, Rosberg Catat Waktu Tercepat

Pemuncak klassemen Nico Rosberg memuncaki catatan saat paling cepat dengan mengungguli rivalnya pada persaingan perebutan gelar sekalian rekanan setimnya di Mercedes Lewis Hamilton pada session latihan bebas ke-2 Jumat untuk Grand Prix Italia. Pebalap Jerman itu, yang unggul 29 angka atas Hamilton di klassemen, mencatatkan saat paling baik 1 menit 26, 225 detik pada awal session yang berjalan sepanjang 90 menit, jauh saat sebelum Hamilton, yang diganggu beberapa masalah tehnis, masuk trek dengan cuma 30 menit tersisa.

Hamilton, yang berupaya untuk memakai saat yang terbuka untuk perbaikan-perbaikan pada sensor-sensor yang menggagalkan timnya menyalakan mesin mobilnya, sedikit untuk sedikit dapat menaikkan kecepatan serta pada akhirnya mencatatkan torehan saat cuma tertinggal 0, 061 detik dari Rosberg.

Ini adalah bukti terang tentang kecepatannya pada hari ini, saat ia menunjukkan kecepatan mengagumkan saat pagi hari untuk memuncaki catatan saat session latihan pembukaan. Ia adalah yang paling cepat pada dua bidang putaran pertama, tetapi ia terjerat kepadatan pada putaran ketiga - cukup untuk menunjukkan ia mempunyai kecepatan mentah untuk jadi yang paling cepat bila ia tidak memperoleh permasalahan tehnis.

Pebalap Finlandia Kimi Raikkonen terpaut 1/10 detik di urutan ketiga pada Ferrari paling depan, dengan mengungguli rekanan setimnya Fernando Alonso saat " Scarlet Scuderia " nikmati bentuk Jumat tradisional mereka di Autodromo lama.

Pebalap Finlandia Valtteri Bottas menempati urutan ke lima untuk Williams, mengungguli pebalap Inggris Raya Jenson Button dengan McLarennya, dimana juara bertahan empat kali Sebastian Vettel dari Jerman menunjukkan perubahan tampilan untuk Red Bull di sirkuit, dimana ia mencapai kemenangannya pada 2008.

Pebalap Denmark Kevin Magnussen ada di urutan kedelapan pada McLaren ke-2, mengungguli pebalap Brazil Felipe Massa pada Williams ke-2, dengan pebalap Australia Daniel Ricciardo, pada Red Bull ke-2, mengambil urutan kesepuluh pada session yang menunjukkan perubahan catatan saat dengan suhu yang hangat.

Pebalap Meksiko Sergio Perez pernah mencatatkan saat paling cepat pada mobil Force India, saat sebelum Rosberg menggantikan urutan paling atas saat tim pabrikan Mercedes, sekian kali, membuat dinding manusia di depan garasi mereka, sedang beberapa mekanik bekerja mati-matian untuk temukan apa yang hentikan pembakaran mobil Hamilton.

Juara 2008 itu belum pernah melakukan akhir minggu bebas permasalahan pada Grand Prix manapun mulai sejak Grand Prix Spanyol pada Mei, serta selama periode itu ia sudah dihantam rangkaian permasalahan termasuk juga kegagalan rem serta api.

Tetapi tubrukannya dengan rekanan setim Rosberg, pada putaran ke-2 Grand Prix Belgia dua minggu silam, yang terus jadi tema paling atas untuk isu di paddock saat ketua tim Mercedes Toto Wolff memperingatkan beberapa pebalapnya bahwa mereka memiliki resiko kehilangan pekerjaan bila mereka selalu berlaku tidak pantas.