Hamilton Tercepat pada Latihan Pembuka GP Italia

Lewis Hamilton memuncaki catatan saat untuk Mercedes dengan mengungguli sesama pebalap Inggris Raya, Jenson Button, dalam latihan bebas pada Jumat pagi untuk Grand Prix Italia yang bakal dilangsungkan Minggu. Pebalap Inggris Raya yang menguber posisi paling atas klassemen itu, yang tertinggal 29 angka dari rekanan setimnya asal Jerman Nico Rosberg di klassemen, unggul 1/60 detik atas pebalap McLaren pada demonstrasi riil tentang tujuannya untuk mengukir prestasi di Italia.

Rosberg, yang pada Kamis mohon maaf serta bertanggungjawab untuk tubrukannya dengan Hamilton pada Grand Prix Belgia, mencatatkan saat paling cepat urutan ketiga dengan mengungguli juara 2 x asal Spanyol Fernando Alonso yang membela Ferrari, Dane Kevin Magnussen pada McLaren ke-2, serta juara bertahan empat kali asal Jerman Sebastian Vettel yang mengendarai Red Bull.

Rekanan setim Vettel di Red Bull, Daniel Ricciardo asal Australia, pemenang tiga dari enam balap paling akhir, cuma merampungkan 12 putaran serta mesti mengundurkan diri untuk masuk ke garasinya lantaran permasalahan mesih dengan 30 menit session latihan tersisa.

Pebalap Finlandia Kimi Raikkonen menorehkan saat paling cepat urutan ketujuh dengan Ferrari ke-2, mengungguli pebalap Meksiko Sergio Perez yang membela Force India, pebalap Rusia Daniil Kvyat dari Toro Rosso, serta pebalap Jerman Nico Hulkenberg, urutan ke-10 dengan Force India ke-2.

Dua pebalap Williams ada diluar sepuluh besar walau dapat jadi yang paling cepat waktu melalui perangkap kecepatan, serta pebalap Finlandia Valtteri Bottas nyata-nyata memberi seluruhnya upayanya.